Senin, 08 Desember 2014

IRF 2014 (Indonesia Readers Festival 2014) : Enjoy Our Friendship

Huft...., Usai sudah 2 hari melelahkan perjalanan ke Jakarta kemarin. Ehm, sebaiknya aku cerita mulai dari mana, ya? Banyak banget yang ingin kuceritain aslinya, dari mulai awal sampai pulang perjalanan. Sebaiknya aku ceritakan satu per satu, ya. Siap-siap untuk membaca ceritaku ini. Pastinya..., cerita ini bakal panjang :p

IRF (Indonesia Reader Festival) tahun ini lagi-lagi diadakan di Jakarta. Iya, kalau event besar mah, biasanya emang diadakan di ibukota tercintah. Di sana emang warga-warga komunitasnya lebih besar dan lebih aktif dibanding warga-warga komunitas dari daerah lain. Nah, untuk IRF tahun ini, sebenarnya saya masih galau antara mau pergi dan tidak. Bagaimana saya gak galau? Mengingat saldo di *piiip* aja udah bikin megap-megap ama sakit kepala. Makanya, awal November kemarin, ketika kawan-kawan GRI Semarang tanya sama saya, jadi pergi atau gak ke Jakarta, saya masih belum bisa memberikan kepastian.


Ada sedikit beban dan rasa tidak enak dalam event tahunan ini. Yang pertama, saya ditunjuk sebagai koordinator GRI Semarang (yang jelas-jelas masih bingung kenapa ditunjuk jadi koordinator). Semisal saya menolak tidak ikut, ada rasa tidak enak pada kawan-kawan GRI Semarang serta GRI Pusat. Yah, memang..., saya masih belum mengenal semua anggota GRI Pusat, maksudnya orang-orang yang berperan mengatur GRI Indonesia. Yang Kedua, saya merasa tidak enak juga pada kawan-kawan Serapium. Sudah lama saya mengenal mereka, sekitar 3 atau 4 tahunan, tapi belum pernah silaturahim sama mereka di Jakarta sana. Padahal, ada juga yang jauh-jauh dari Jakarta rela main ke Semarang. *peluk Mbak Selvi*

Selain karena sudah lama mengenal mereka, saya juga ada sedikit beban karena ditunjuk sebagai enthusiast Forum Buku Kaskus. Nah, ini malah bikin lebih bingung lagi, karena sudah lama sekali saya gak nge-junk di kaskus. Kalau aktif di grup WA serap sih, iya. Tapi kalau di kaskusnya sudah jarang. Tahu-tahu, November kemarin pada ngucapin selamat dan bilang kalau saya jadi enthu forbuk baru, otomatis saya bengong dan kagetlah, secara...., saya lama nggak aktif di Forbuk. (Harusnya Bima tuh yang jadi enthu baru. Pasti bakal rame :))) )

Di saat saya masih nggak yakin bakal berangkat ke Jakarta atau gak, tiba-tiba saja, 2 November lalu, Mas Tezar udah nyodorin tiket dan bilang kalau dia berangkat pakai Tawang Jaya trus pulangnya pakai Brantas, dengan harga PP nggak lebih dari 110 rebu! Pada waktu itu saya masih ragu, tapi akhirnya buat keputusan. Saya beli tiket kereta hari itu juga sama Mbak Isna.

Euh..., saya niat berangkat ke Jakarta itu gak bilang-bilang sama Ortu dulu. Saya baru bilang ke Ibuk 2 minggu sebelum berangkat, dan Bapak seminggu sebelum berangkat. Dan mereka nggak bisa debat apa-apa sama keinginan saya buat berangkat ke Jakarta. Tapi, yang namanya orangtua, ya, tetep aja suka khawatir. Waktu hari H saat saya berangkat, dengan semua hal yang sudah saya siapkan, Bapak-Ibuk tetap aja was-was mbiarin saya ke ibukota walau sama temen. Tahu gak, waktu mau berangkat itu, saya hampir dibekali 3 jenis minyak gosok dengan merk berbeda, yaitu minyak tawon, minyak kampak, satu lagi minyak kayu putih atau minyak GPU. Jelas saya tolak mentah-mentah semua minyak-minyak itu! Saya bukan pencinta minyak-minyakan (kecuali kalau masuk angin) :))

Hari H pergi ke Jakarta, saya niat pengin beli lumpia buat oleh-oleh anak serap. Sayang, mengingat gak sedikit orang yang gak suka ama rebung, saya jadi pikir-pikir bawa lumpia atau gak #eh

Naik Tawang Jaya lumayan nyenengin, nggak seburuk yang saya pikirkan. Ada musik meski lagu-lagu jadul yang kebanyakan diputer (ada juga yang protes, kenapa bukan dangdut pantura yang diputer), tempat duduknya agak nyaman (saya musti nekuk kaki terus, gak bisa selonjor ini kaki :( ), jalannya juga cepet (dari Semarang jam 6.45, jam 9-an malam udah sampe Tegal), sayang satu kekurangan kereta ini, gak ada indomie! Cuma ada pop mie doang.

Yah, keberangkatan saya ke Jakarta lumayan menyenangkan dan damai. Sengaja, saya gak bilang ke anak-anak Serap, bahkan pas ditanya juga gak njawab yang pasti-pasti. Saya pengin buat kejutan sik, tapi malah pas hari H ngasih kejutan, udah kerasa tepar dulu. :)))

Saya datang ke Museum bareng Mbak Isna sama Mbak Lila. Warga Serap yang pertama kali saya temui di sana adalah (siapa lagi kalau bukan) Mbak Selpi. Dia kaget juga waktu liat kami dateng, karena saya atau pun Mbak Isna sama sekali gak bilang-bilang mau datang ke sana. Setelah sedikit ngobrol ama mbak Selpi, kami pun langsung ke booth serap, kali ini saya liat Bima. Yeeaaay, akhirnya bisa ketemu orang yang sering ngajakin saya debat juga! Kesan awal ketemu Bima.... kikuk. Saya cuma bisa cengengesan aja waktu jabat tangan ama dia. Lalu saya lihat di booth serap ada koh amin, mas iwan, Terra, Tiono, aghi, Cardo, Mas Rendi, terus siapa lagi ya....

Singkat kata, saya kagok lihat booth  serap diisi cowok-cowok semua. (Mbak Ayu sama Mbak Citra datengnya belakangan paket banget, jadi cuma bisa sebentar ketemuan sama mereka. Eh, kalau Mbak Ayu gak ding, lumayan lama di sana, bahkan ikutan ngerusuh di booth PNFI). Ternyata mereka antara DunMay ama RL beda banget lagi. Koh Amin yang keliatan pendiem n kalem di DunMay, jebule kocak sama doyan ngomong di RL, klop ama Bima. Cardo dan Aghi yang biasanya cerewet di DunMay, jebul pendiem di RL. Waaaw..., sayang, saya gak lama-lama di booth serap, saya mulai ngider alias keliling ke booth-booth lain, ngincer hadiah buku-buku. (Sialnya, saya gak bisa menangin hadiah utama di games-games yang saya ikutin :( ). Mau gimana lagi, terpaksa cuma gigit jari. Padahal saya ngincer percy jackson #1 di booth-nya PNFI, tapi gak bisa masukin bola pingpong ke gelas. *nangis guling-guling*

Ah, lupakan. Yang penting di book war, saya berhasil dapet Ender’s Game. Itu cukup mengobati sakit hati gegara gak bisa masukin bola pingpong :)) Sayangnya, di hari minggu, blas gak ada satu pun buku baru dari book war yang berhasil kudapat. Ngeri euy liat persaingan waktu book war di hari minggu. Orang-orangnya lebih banyak dan semakin ganas waktu rebutan itu buku baru. (Saya gak berhasil ngambil buku inceran saya, Wintercraft @_@).

Hahaha, 2 hari itu saya ngerasa seneng, bisa ketemu sama kawan-kawan Serap sama komunitas yang lain. Serapium keknya emang yang paling rusuh di antara warga komunitas baca lainnya. Yang lain pada kalem, tenang, eh ini... ribut semua, ngobrol ngalor-ngidul, malah sempat ngerusuh di booth-nya PNFI. (Sayang, kita gak berhasil bawa satu buku pun dari booth PNFI :)) ). Di booth BBI juga blas, saya gak berhasil dapet hadiah buku *garuk-garuk dinding*, lagi-lagi bola pingpong gak mau nancep ke nomor 1. Saya jadi mikir, sebenarnya ada sakit hati apa bola pingpong ama saya *facepalm*.

Selain para jones-jones cowok yang saya temui, akhirnya saya ketemu sama kawan-kawan cewek seraaap. Mbak Vie, Mbak Rika, Mbak Imel, Mbak Chei, Mbak Mput, terus ada Mbak Chus juga yang bela-belain datang sama Puh Cho cuma buat gath sama kita. Zahra kecil si darah murni juga dibawa. Aaaaaaaaaaaaa!!! Zahra gak nahanin!! Unyu, imut, pipinya itu lho... kek bakpao jelly. Pengin cium terus gendong dia! Aaaa..., semoga lain kali bisa peluk Zahra beneran. >.<

Terus Mbak Cit yang bikin saya kaget, karena gak ngenalin waktu pertama kali Mbak Cit nyapa saya. Aduuh..., maaf ya, Mbak :(. Adalagi Krisyan yang baru dateng waktu minggu. Semangat ya, walau sempet kesasar di jalan. Jauh-jauh datang dari karawang, akhirnya bisa ketemu sama warga serap yang lain. Btw, Karawang sama Jakpus deket apa jauh sih? Ilmu mengira-ngira jarak dan waktu saya kalau di Jakarta gak bisa dipake. XD

Pengalaman ke luar kota sejauh ini sangat nyenengin. Makasih, ya, buat kawan-kawan Serap yang rela dititipin tas sementara saya ama mbak Isna malah mbolang keliling museum. Mana waktu beres-beres gak ikut beres-beres lagi. (Ampuni enthu kalian yang satu ini, ya :( ). Terima kasih buat sambutannya dan saya berharap, suatu saat nanti bisa kumpul lagi bersama kalian.

Berikut adalah hasil jeprat-jepret semasa IRF (di mana ini merupakan hasil foto milik kawan-kawan saya).


bingung... ini foto pas apa yah

ramainya saat berkunjung ke booth serap

bima lagi joget atau mau lempar pingpong sih?

saya dan pasukan GRI Semarang :D

Ini dia, Mbak Citra!

Mbak Cindy yang berhasil menangin games di Serap :D

IRF 2014

warga Serap di hari Sabtu

Warga Serap di Hari Minggu

Zahra, darah murni serapium. Unyu-unyu abies, bikin pengin cium terus :3
Pengalaman pergi ke Jakarta tahun ini benar-benar menarik. Saya bisa bertemu dengan banyak kawan di sana. Mulai dari serapium, BBI, GRI, PNFI, lalu juga ada kawan dari Kastil Fantasi yang datang bawakan buku inceran saya, terima kasih sudah jauh-jauh datang ke sana. Terima kasih juga untuk Mbak Cindy yang sudah mau direpotkan dengan kedatangan saya ke rumahnya untuk menginap. Buku-bukunya buanyaak sekali, kalau saya gak bawa banyak buku ke IRF, pasti saya bakal kalap buat pinjem buku-bukunya. Sayang..., mengingat berat dan banyaknya barang bawaan, saya harus puas pinjem 3 buku dari rumahnya Mbak Cyin.

Sekali lagi, Terima kasih pada semuanya. Ada begitu banyak cerita yang ingin saya sampaikan dalam perjalanan kali ini, tapi... sepertinya harus sekian saja dari pada ntar tambah panjang malah tambah membosankan. Maaf, kalau ada sikap atau kata-kataku yang gak berkenan. Senang silaturahim dengan kalian. Salam :D

Tambahan:
1. Perjalanan pulang saya ternyata gak setenang waktu berangkat. Unik! Kali ini gak ada musik musik sama sekali di kereta dan pramugaranya iseng abis! Kalau inget kejadian kemarin, sumpah, rasanya pengin ketawa ngakak.

Jadi..., waktu itu jam 9 malam, dan saya kelaparan setelah tidur tidak nyenyak selama beberapa puluh menit. Bapak-bapak di seberang saya tega amat nyelonjorin kakinya, jadi kaki saya ketekuk selama lebih dari 2 jam. Akhirnya..., datanglah 2 pramugara yang menjajakan pop mie. (Yeah..., keknya kereta ekonomi gak lagi menyajikan indomie karena ada pop mie deh).

Bisa-bisanya, salah satu pramugara itu nggodain Mbak Isna. Dia tanya nama Mbak Isna sama tempat turunnya Mbak Isna, yang bikin saya geli setengah mati. Tapi Mbak Isna jelas gak ngeladenin-lah. Tapi itu Pramugara gak menyerah, setelah selesai makan dan akhirnya badan agak enakan, saya pun tidur ayam-ayam. Itu pramugara balik lagi terus nyapa Mbak Isna dengan namanya, sama bilang tempat turunnya. Saya, yang setengah tidur di samping Mbak Isna, masih pura-pura tidur sambil nahan nyengir habis-habisan, apalagi nama saya pake disebut-sebut. (Pura-pura tidurlah dari pada berabe ikut ditanya-tanya gak jelas). Bener-bener deh, niat bener itu pramugara buat kenalan ama Mbak Isna. Bikin saya geleng-geleng sambil ketawa kalau inget kejadian itu lagi. :)))

2. Saya masih belum bisa mbedain mana Aghi, Cardo, ama Irfan. Aku kok kalau lihat mereka bertiga berasa lihat saudara kembar ya :s

3. Puh Dan gak jadi bawa cimil, ih...

8 komentar:

  1. jadi siap2 ikutan jalan jauh lg kan? dijamin lebih seru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, mbak :3

      Berarti kudu sering-sering nabung nih buat ikutan jalan-jalan! :))

      Hapus
  2. hahaha....kenapa mas prama brantas itu, nggak minta nomor hpku sekalian yaa... xD
    seneng banget IRF taun ini. lebih seru dari taun kemarin. semoga taun depan bisa ikut lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cieee, yang mau kalau nomor hapenya diminta :))
      Jujur mbak, aku masih gak habis ngerti, itu orang kenapa bisa nyapa mbak isna kek gitu. Untung pura-pura tidur, jadi aku gak ikut ditanya-tanya :))

      semoga tahun depan bisa ikut lagi :D/

      Hapus
  3. gya.... enaknya :'(
    pengin ke IRF. pengin ikut turnamen igo di Jakarta juga (kerja sama dengan pihak Korea pula tahun ini). dua2nya gak kesampaian :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sibuk, ya? Awalnya aku ngira IGO ini apa lho, baru ngeh kalau igo yang dimaksud itu catur jepang :))

      Tahun depan dunk, bion, ikutan ke sana :D

      Hapus
  4. Itu bayi sapaaaaaaaaaaa? @_@

    Lucu banget @_@

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu Zahra, mbak. Anaknya Mbak Chus ama Om Choice. Belum ketemu? Lucuuuuu, lhoooo

      Hapus